PENGARUH COVID-19 TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA


PENGARUH COVID-19 DI INDONESIA
DARI SISI EKONOMI
       COVID-19 atau kerap disebut coronavirus adalah pathogen baru dari keluarga Coronavidae yang baru-baru ini menghebohkan warga dunia. Virus ini muncul di akhir tahun 2019 tepatnya di Wuhan, China. Diketahui bahwa penyebab asalnya adalah adanya pasar hewan di Wuhan yang menjual berbagai macam hewan mati segar termasuk kelelawar. Corona sebagai pathogen utama dari keluarga binatang ini menyebabkan virus ini sering menjangkiti hewan terutama kelelawar. Warga Wuhan sendiri memang dikenal suka memakan makanan atau hewan aneh yang bahkan tak lazim untuk dimakan seperti kelelawar. Ada juga yang mengatakan bahwa virus ini berasal dari bocornya lab virology di Wuhan. Entah yang mana yang betul, yang pasti virus ini jarang sekali menginfeksi manusia. Virus ini kini bisa bermutasi menginfeksi manusia sehingga WHO memberi virus ini nama COVID-19.
            Sebenarnya, apabila kita bandingkan dengan SARS atau Influenza, virus ini jauh berbeda karena dia tidak menginfeksi anak-anak banyak seperti Influenza atau SARS. Penyebaran virus ini juga bisa dibilang sangat cepat dan relatif mudah. Hal ini yang membuat warga dunia resah akan virus yang satu ini. Ditambah lagi, belum ada obat atau vaksin untuk virus ini.
            Di Indonesia sendiri, kasus positif Covid-19 baru dikonfirmasi beberapa minggu kebelakang. Awalnya hanya terdapat satu sampai dua pasien positif, hingga kini sudah ada lebih dari 100 kasus pasien positif. Hal ini tentu mengundang keresahan warga. Mereka yang panik duluan memilih untuk memborong semua kebutuhan seperti hand sanitizer, masker, tisu, dll. Tidak jarang pula banyak orang menimbun masker untuk dijual kembali dengan harga yang diluar nalar. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat banyak warga yang membutuhkan barang itu dengan harga normal.
            Secara singkat, Covid-19 ini dapat merugikan perekonomian Indonesia. Alhasil perekonomian Indonesia menjadi tidak stabil. Berikut merupakan poin-poin penting mengapa ekonomi sangat terkena dampak dari adanya pandemik ini :
·         Terjadi banyak penimbunan barang pokok, sehingga membuat banyak harga barang yang melonjak tinggi
·         Jika diberlakukan lockdown, maka akan terjadi PHK besar-besaran yang disebabkan oleh meruginya beberapa perusahaan yang memaksa mereka untuk memberhentikan beberapa pekerja
·         Jika diberlakukan lockdown, maka kegiatan ekspor/impor juga menjadi terganggu akibat banyak perusahaan yang diliburkan
·         Orang kaya akan terus membeli banyak barang kebutuhan pokok, dan mereka yang berada di kalangan ekonomi rendah akan semakin terpuruk mengingat kebutuhan pokok sudah habis
·         Hubungan kerja sama dengan pihak asing pun akan terganggu
Dengan kata lain, semakin hari ekonomi akan semakin terpuruk, ditambah kalau diberlakukan lockdown. Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya hal buruk ini, kita sudah seharusnya sadar diri dan memberlakukan social distanting. Artinya, kita meminimalisir untuk bepergian keluar, bersosialisasi dengan orang banyak, juga menjaga jarak. Hal ini dilakukan supaya kita dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.

Komentar

Postingan Populer